15 Desember 2008

eLpiji pun jadi Langka..


beberapa hari LaLu di tempat tinggaL saya sempat terjadi suatu huru-hara (maksudnya kepanikan , hehe). Orang-orang yang panik itu sebagian besar adaLah ibu-ibu...
Ng..ga juga dink, beberapa ada bayi yang menangis dan beberapa juga tampak terdapat orang yang marah-marah (ga termasuk aku Lho), pokoknya rame Lah..

Apa c yang terjadi?
Nah, gini Lho..
Sehari tepat seteLah iduL adha, tepatnya tanggaL 9 Desember 2008, pasokan gas eLpiji (LPG) di daerah tempat saya bermukim abis..bener-bener abis!!
PadahaL ni ceritanya pas hari raya iduL adha kan pada dapet daging tuh, trus dagingnya itu di sate rame2, nah nyatenya itu orang-orang pada pake kompor gas (kLo aku ama keLuargaku c pake batu arang, hehe)..
Nah pas keesokan harinya ga dinyana ga disangka, eLpiji orang-orang tersebut abis, hahaha...
Rada Lucu juga c, secara hari itu ada beberapa orang yang akan menggeLar kendurian, pas mo masak eh gasnya abis, sementara di agen-agen penjual eLpiji ga ada stok aLias kosong, jadi rame d...

hMm..kenapa bisa gitu ya? Secara pemerintah aja uda buat program koversi minyak tanah ke bahan bakar gas ato eLpiji, eh pas orang-orang uda pada pake gas, stoknya kaga ada tuh..
dari informasi yang saya dapet ni (kayak inteL aj, hehe), PERTAMINA mengkLaim ada beberapa aLasan..yang pertama; dua kiLang besar milik pertamina sedang mengaLami perawatan (baLongan dan ciLacap), so produksi dan supLai gas jadi terganggu.. kedua; gangguan cuaca yang membuat distribusi gas jadi terLambat, katanya c kapaL-kapaL yang mengangkut eLpiji ga bisa merapat (emang mo dibawa kemana bang?? Rumah saya kan di jawa apa perLu dianter pake kapaL juga?!!) ketiga; gara-gara ada hari raya permintaan gas meningkat (PERTAMINA ga siap)..gitu..

Lah, sebenarnya kan haL kayak gini ga harus terjadi (bukan sok pinter Lho). Yang namanya PERTAMINA kan perusahaan gede tuh, yang katanya ga mungkin bangkrut (secara mereka hampir memonopoLi perdagangan minyak dan gas), masa iya c buat merawat apa yang mereka punya aja kaga bisa?? Ya kLopun harus menghambat produksi yaa perawatannya gantian dunk, masa iya dua-duaan gitu?? Trus kLo ngadain masa perawatan tu ya jangan pas permintaan naik (kan uda tau ada hari raya?)..ga tau ni siapa yang kurang peka, tapi yang jeLas kejadian kayak gini merugikan konsumen, hehe...

Parahnya Lagi ni, ketika pasokan gas uda muLai normal, tapi harganya merangkak naik (hukum permintaan), nah repot Lagi kan? Apa ga kasian tuh ma rakyat keciL?
Yang jeLas, saya mohon d ke petugas yang terkait (kaLi aja ada pegawai PERTAMINA baca bLog saya, hehe), mbok ya sistem perawatan diatur sedemikian rupa, kan tiap produksi buat perencanaan duLu kan? Nah, kLo pas permintaan banyak2nya, produksinya jangan sampe berkurang (syukur2 ditambah)..

Yahh..semua kembaLi Lagi ke manusianya..
dari kejadian ini mari sodara-sodaraku sebangsa dan setanah air (kaya’ pejuang, hehe)
mariLah kita saLing dukung, saLing support, ga asaL teriak tanpa ngasi soLusi..
yang pasti kita hidup di indonesia ini kan rame-rame (aLias ga sendirian, hehe)..
so, susah senang kita LaLuin bareng, jangan yang di atas enak-enakan, yang di bawah keLaparan..

peduLi pada sesama itu wajib hukumnya!

Tidak ada komentar: