26 November 2008

beLajarku dan beLajarmu?? pendidikan hari ini...


hMm..
akhir-akhir ini kita sering mendengarkan berita buruk tentang pendidikan...
berita tentang payahnya sistem pendidikan indonesia, yang seLaLu berujung pada kekerasan..
sebenarnya fenomena apakah ini??
semua orang saLing menyaLahkan...
ga jeLas apa yang saLah, entah sistemnya atau mungkin orangnya...
yang jeLas semua merugikan!!!
tapi dibaLik semua itu patut kita cermati, apa yang terjadi pada kita dahuLu dengan apa yang terjadi sekarang...
entah cuma aku atau semua orang merasakannya...
tapiii...
ketika aku keciL memang seperti ituLah pendidikan...
ketika menghadapi ujian kami begitu keras diharuskan beLajar dengan sistem yang keras!
hukuman seperti berdiri di keras, pukuLan dengan penggaris seolah penyemangat buat kami...
ketika upacara dan banyak anak yang maLah bercanda, seorang guru datang dan menendangya..
dan ketika Lagu Indonesia Raya dinyanyikan dan saLah satu diantara kami diam, maka tamparan hukumannya...

semua ini menjadi suatu haL yang wajar bagiku, dan kami...
karena aku tau, dan kami mengerti bahwa sebuah kesaLahan harus dihukum dengan keras...
dan sifat ituLah yang membentuk pribadi kami...

entah apa yg saLah..
tapi setidaknya aku merasa, orang-orang sekarang terLaLu manja...
terLaLu mempersaLahkan apa yang seharusnya menjadi suatu kebenaran...

entahLah...
karena mungkin aku yang saLah berfikir...
ini sebuah ambiguitas!!!

Tidak ada komentar: